Sabtu, 05 Desember 2009

Proposal Kajian Pengembangan Ekonomi Perbatasan

Sabtu, 05 Desember 2009

LATAR BELAKANG

Berbagai permasalahan yang terjadi di wilayah perbatasan negara Republik Indonesia hingga saat ini masih belum teratasi secara sistematis dan terpadu. Untuk mewujudkan wilayah perbatasan sebagai beranda depan NKRI seperti yang dicita-citakan, berbagai program dan kegiatan yang berkaitan dengan pembangunan fisik, sosial dan ekonomi perlu segera dilaksanakan.

Secara umum wilayah perbatasan di Kabupaten Kapuas Hulu mempunyai potensi ekonomi yang beraneka ragam mulai dari sektor pertanian- perkebunan, perikanan serta peternakan. Ditinjau dari sudut pembangunan ekonomi, potensi-potensi tersebut nantinya sangat berpengaruh pada indikator perkembangan wilayah. Salah satu indikatornya adalah adanya peningkatan pendapatan perkapita masyarakat dan perluasan kesempatan kerja.

Dari berbagai permasalahan yang timbul serta potensi pengembangan yang ada di wilayah perbatasan maka perlu dilakukan langkah-langkah pembangunan secara bertahap dan berkesinambungan. Salah satu tahap awal untuk mempercepat pembangunan di wilayah perbatasan adalah dengan membuat suatu kajian pembangunan agar aksi aksi yang akan diterapkan nantinya bisa berjalan lebih efektif dan efisien.

RUMUSAN MASALAH

Pada saat ini beberapa kecamatan di wilayah perbatasan belum dapat mengembangkan potensi di wilayahnya sendiri secara optimal, padahal dengan mengembangkan potensi yang ada secara ideal akan dapat meningkatkan perkembangan wilayah yang lebih signifikan. Untuk itulah dalam studi ini akan dikaji bagaimana menggali sektor unggulan yang potensial dan memiliki keunggulan komparatif yang ada dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian wilayah tersebut pada khususnya dan pengembangan wilayah pada umumnya. Secara lebih spesifik dalam rencana kajian ini akan dirumuskan masalah bagaimana arahan pengembangan sektor ekonomi unggulan dalam mendukung pengembangan wilayah.

TUJUAN KAJIAN

Tujuan dari kajian ini adalah menentukan arahan pengembangan sektor ekonomi

unggulan dalam mendukung pengembangan wilayah kecamatan-kecamatan di wilayah perbatasan.

SASARAN KAJIAN

Sedangkan sasaran yang ingin dicapai dalam kajian ini adalah:

1. Mencari hirarki masing-masing desa yang ada di kecamatan perbatasan serta menetapkan pusat bagian wilayah pengembangannya.

2 .Menentukan sektor ekonomi unggulan pada masing-masing bagian wilayah pengembangannya.

3. Menyusun indikasi program pengembangan sektor ekonomi unggulan
di wilayah kecamatan perbatasan.

BATASAN MATERI

Dalam kajian ini batasan pembahasan materinya adalah menentukan hirarki desa dan pusat pertumbuhan serta wilayah dan menentukan sektor ekonomi unggulan masing-masing wilayah pertumbuhan serta menetapkan arahan pengembangannya.

LINGKUP WILAYAH

Untuk ruang lingkup wilayah kajiannya adalah kecamatan-kecamatan di wilayah perbatasan yang terdiri dari 7 (tujuh) kecamatan antara Kecamatan Puring Kencana, Kecamatan Empanang, Kecamatan Badau, Kecamatan Batang Lupar, Kecamatan Embaloh Hulu, Kecamatan Putussibau Utara dan Kecamatan Putussibau Selatan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Our Soul ◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger Templates